Kemenhub bangun stasiun Telaga Murni

Senin, 18 Februari 2013 - 18:44 WIB
Kemenhub bangun stasiun Telaga Murni
Kemenhub bangun stasiun Telaga Murni
A A A
Sindonews.com - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan penandatangan kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan PT Kereta Api Indonesia (Persero), terkait pembangunan Stasiun Kereta Api (KA) Telaga Murni pada lintas Jakarta-Cikampek.

Stasiun ini terletak antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang, di Desa Telaga Murni, Bekasi, Jawa Barat. Estimasi pembiayaannya, yaitu sebesar Rp16 miliar dan akan mulai dibangun pada tahun ini.

Kesepakatan bersama tersebut ditandangani oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Tundjung Inderawan, Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, dan Direktur Utama PT KAI (Persero), Ignasius Jonan.

"Tujuan kesepakatan bersama ini adalah terwujudnya Stasiun KA pada lintas Jakarta-Cikampek, antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang yang terintegrasi dengan rencana pengembangan perkeretaapian nasional dan pengembangan wilayah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api," kata Tunjung dalam rilisnya di Jakarta, Senin (18/2/2013).

Menurutnya, pembangunan Stasiun Telaga Murni dilaksanakan untuk menyediakan transportasi KA bagi masyarakat perumahan di wilayah Telaga Murni untuk mobilisasi dari Bekasi ke Jakarta atau sebaliknya. Sehingga masyarakat akan beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi KA.

"Rencana pembangunan stasiun kereta api yang akan dibangun di Desa Telaga Murni merupakan prakarsa dari Pemerintah Kabupaten Bekasi yang pembangunannya akan melibatkan peran serta swasta dalam hal ini pengembang kawasan pemukiman di wilayah Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Pembangunan stasiun kereta api di Desa Telaga Murni ini akan diarahkan pada pengembangan kawasan yang berorientasi pada angkutan umum (transit oriented development/TOD).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3724 seconds (0.1#10.140)