Belum saatnya Pertamina kelola blok Mahakam

Senin, 18 Februari 2013 - 18:57 WIB
Belum saatnya Pertamina kelola blok Mahakam
Belum saatnya Pertamina kelola blok Mahakam
A A A
Sindonews.com - Mantan Direktur Utama Pertamina, Ari Sumarno mendukung penuh jika Pertamina ditunjuk sebagai operator blok Mahakam. Namun belum untuk saat ini, pasalnya penguasaan teknologi dan manajerial blok Mahakam memerlukan kebijakan serta kepemimpinan yang kuat.

“Karena tanpa penguasaan yang kuat maka nasionalisme hanya retorika belaka,” kata Ari saat dihubungi, di Jakarta, Senin (18/2/2013).

Melihat kemampuan Pertamina, imbuhnya, jangan hanya dilihat dari sisi kemampuannya dalam meningkatkan produksi saja. Sebagai oil company harus dilihat seberapa besar Pertamina telah menguasai cadangan migas.

“Ini hal prinsip yang harus terbukti terdapat pada perusahaan minyak manapun di dunia tidak terkecuali bagi Pertamina,” kata dia.

Sebelumnya, VP Corporate Communication Pertamina, Ali Mudakir mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan Pemerintah terkait pengelolaan blok Mahakam.

Perusahaan yang mengaku dilibatkan dalam penentuan pengelola blok ini membantah tudingan yang menganggap Pertamina tak sanggup mengelola industri hulu minyak bumi dan gas. “Yang jelas soal Mahakam masih dibicarakan, kita tunggulah,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang bekerja di blok Mahakam saat ini yaitu Total E&P berpartner dengan Inpex dengan komposisi 50 persen-50 persen, telah menginvestasikan setidaknya USD27 miliar atau sekitar Rp250 triliun. Sejak masa eksplorasi dan pengembangannya telah memberikan penerimaan negara sebesar USD83 miliar atau sekitar Rp750 triliun.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6101 seconds (0.1#10.140)