Perpres kedelai untuk Bulog segera terbit

Senin, 25 Februari 2013 - 13:48 WIB
Perpres kedelai untuk Bulog segera terbit
Perpres kedelai untuk Bulog segera terbit
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menyatakan, Peraturan Presiden (Perpres) yang memberikan kewenangan pada Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menjalankan impor kedelai dalam rangka stabilisasi harga kedelai akan ditandatangani oleh Presiden dalam waktu dekat.

"Mengenai kedelai, hari ini kita putuskan segera mengirim Perpres tambahan tugas kepada Bulog untuk stabilisasi harga kedelai," ungkap Hatta usai Rapat Koordinasi Stabilisasi Harga Pangan di Kantornya, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Sebelumnya diberitakan, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan kedelai, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berjanji akan segera menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) untuk menstabilkan harga kedelai setelah keluarnya Perpres yang memayunginya.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Srie Agustina memaparkan, aturan yang akan segera dikeluarkan tersebut mencakup stabilisasi harga, mekanisme penetapan Harga Patokan Pasar (HPP) kedelai, dan pembentukan tim stabilisasi harga.

Soal impor kedelai, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Bachrul Chairi menyatakan, pihaknya tidak akan mengistimewakan Perum Bulog dalam pembagian kuota impor. Setiap perusahaan akan mendapatkan alokasi kuota impor sesuai dengan kemampuannya, begitu juga dengan Bulog. "Sama saja (tidak ada keistimewaan untuk Bulog), (kuota diberikan) sesuai kemampuan," tegas Bachrul, pekan lalu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7158 seconds (0.1#10.140)