Seleksi ulang Dirut BUMD, Pemkab Kulonprogo buang waktu

Selasa, 26 Februari 2013 - 12:43 WIB
Seleksi ulang Dirut BUMD, Pemkab Kulonprogo buang waktu
Seleksi ulang Dirut BUMD, Pemkab Kulonprogo buang waktu
A A A
Sindonews.com – Pemkab Kulonprogo dinilai hanya membuang waktu dengan menyeleksi ulang calon Direktur Utama PD Aneka Usaha. Pemkab diminta menggandeng pihak ketiga untuk mencari calon dirut yang kredibel.

Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo Yusron Martofa mengatakan, seleksi ulang calon dirut Aneka Usaha tidak akan efektif. Apalagi jika mekanisme seleksi sama persis dengan mekanisme yang digunakan pada seleksi sebelumnya. Seleksi ulang, hanya akan memperlambat pengisian posisi dirut definitif.

“Kemarin kan sudah seleksi, kemudian katanya tidak ada yang sesuai harapan. Kami tidak tahu yang diinginkan kualifikasinya seperti apa. Kita tidak memiliki kesempatan untuk mendapat informasi soal itu, walau pun kami sudah berusaha,” kata Yusron, Selasa (26/2/2013).

Dia menjelaskan, jika memang serius Pemkab dapat menggandeng pihak ketiga yang independen untuk seleksi dirut Aneka Usaha. Cara itu, kata dia, lebih efektif dan lebih dapat dipertanggungjawabkan daripada jika seleksi ditangani sendiri.

Dia mengatakan, bupati juga dapat saja menunjuk langsung sosok yang dianggap cocok. Namun cara itu selain tidak administratif juga tidak memenuhi unsur transparansi. “Saya kira bekerjasama dengan pihak ketiga jauh lebih baik. Hasilnya akan jauh lebih memuaskan,” kata dia.

Dewan, lanjut Yusron, tidak dapat berbuat banyak. Pasalnya, tindakan dewan akan dianggap sebagai intervensi dalam proses seleksi, seperti yang terjadi sebelumnya. Padahal, dewan murni hanya ingin mengetahui kapasitas kandidat yang akan mengikuti seleksi sebagai dirut perusahaan daerah.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6944 seconds (0.1#10.140)