Industri sepatu Cibaduyut masih berorientasi domestik

Selasa, 26 Februari 2013 - 14:59 WIB
Industri sepatu Cibaduyut masih berorientasi domestik
Industri sepatu Cibaduyut masih berorientasi domestik
A A A
Sindonews.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofwan Arif mengakui, bahwa produk sepatu Cibaduyut, Bandung masih berorientasi domestik.

Sejauh ini, produk Cibaduyut belum bisa ekspor secara langsung. Meski, sebagain sudah ada yang melalui trading dan penjualan online. Penjualan sepatu, juga harus mendapatkan ISO untuk beberapa kriteria.

"Untuk bisa mendaptkan pangsa pasar ekspor mesti ada jaminan kualitas. Ini yang sedang kita dorong, agar secara kualitas produk Cibaduyut sesuai kebutuhan pangsa pasar dunia," jelas Ferry, Selasa (26/2/2013).

Selain itu, dia juga mengakui, Indonesia termasuk pengekspor sepatu dalam jumlah besar. Setiap tahun, Indonesia mengekspor sekitar 200 juta pasang sepatu. Sayang, sepatu tersebut merupakan produksi industri pabrikan berskala besar. Sebagiannya berlisensi internasional.

Meski demikian, Ferry mengklaim, potensi sepatu Cibaduyut menyasar ekspor sangat besar. Beberapa negara, terutama negara tropis, memiliki karakteristik iklim yang sesuai dengan sepatu kulit buatan Cibaduyut. Potensi tersebut, semestinya bisa digarap perajin asal Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI Jabar & Banten, M Zaeni Aboe Amin mengatakan, pelatihan membuat sepatu yang dilakukan Bank Indonesia dalam rangka menggerakkan kembali produksi sepati Cibaduyut. Tahap pertama, BI melatih 16 peserta dari berbagai latar belakang. Mereka selanjutnya akan diserap industri sepatu di kawasan ini. "Pelatihan sebagai upaya meningkatkan daya saing Sepatu Cibaduyut," katanya.

Zaeni mengakui, peningkatan daya saing produk perlu dilakukan sejak dini dalam menghadapi persaingan pasar. Apalagi, Indonesia akan menghadapi Asean Economikc Community (AEC) pada 2015. Perdagangan antara negara di kawasan Asean akan lebih terbuka.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5503 seconds (0.1#10.140)