Mendag klaim lelang daging didukung Jokowi

Selasa, 26 Februari 2013 - 17:23 WIB
Mendag klaim lelang daging didukung Jokowi
Mendag klaim lelang daging didukung Jokowi
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan mengklaim, usulan penggunaan sistem lelang untuk pengadaan daging sapi yang dikemukakannya mendapat dukungan dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Tanggapan positif tersebut disampaikan Jokowi dalam pertemuan tertutupnya dengan Gita di Kementerian Perdagangan pagi tadi. "Beliau (Jokowi) juga merespon sangat positif usul kita untuk dilelang (impor daging sapi)," kata Gita kepada wartawan di Universitas As-Syafi`iyah, Bekasi, Selasa (26/2/2013).

Namun, meski mendapat tanggapan positif dari Jokowi, Mendag tak ingin terburu-buru memberlakukan sistem lelang untuk pengadaan impor daging sapi. Dia berjanji akan meminta pendapat berbagai pihak yang berkepentingan terlebih dahulu, terutama para pengusaha.

"Tapi, kita harus duduk dengan semua pemangku kepentingan. Jangan lupa pengusaha-pengusaha juga ada. Kita harus cross check dengan mereka mana yang terbaik," ujarnya.

Lebih lanjut, pemilik Grup Anchor ini berharap sistem lelang tidak justru mengganggu distribusi daging sapi ketika nantinya diberlakukan. "Jangan sampai ini distributif dengan tata niaga yang ada sekarang," pungkas Gita.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mendag Gita telah menyiapkan formulasi mekanisme lelang sebagai pengganti mekanisme tender untuk pengadaan impor daging sapi. Pihaknya meyakini sistem lelang ini akan membuat harga daging sapi menjadi lebih rendah dan stabil.

"Terkait dengan daging, tadi kami mengusulkan agar dipertimbangkan dilakukannya sistem lelang agar jauh lebih transparan dan bisa menjamin harga yang mungkin bisa lebih murah," kata dia, kemarin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6955 seconds (0.1#10.140)