Asosiasi agen tiket DIY boikot Mandala Air

Rabu, 27 Februari 2013 - 14:52 WIB
Asosiasi agen tiket DIY boikot Mandala Air
Asosiasi agen tiket DIY boikot Mandala Air
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Perusahaan Tour dan Travel Agen (Asita) DIY, boikot penerbangan Mandala Air dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Mereka mendatangi kantor PT Angkasa Pura I di Yogyakarta, untuk meminta klarifikasi terhadap penerbangan Mandala Air yang besok akan melakukan penerbangan perdana.

Aksi boikot ini dilakukan Asita karena tidak pernah ada kejelasan dari manajemen Mandala Air, terkait permasalahan penutupan penerbangan pada 2011. Hingga kini, Asita juga tidak pernah mendapatkan tembusan dan surat dari Mandala Air terkait beroperasinya lagi.

“Kita akan boikot Mandala Air, dan Asita tidak akan mau menjual tiket mereka,” jelas Wakil Ketua Asita DIY Bidang Ticketing, Ahmad Sugiyono di DIY, Rabu (27/2/2013).

Menurutnya, penutupan Mandala Air karena masalah Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di 2011 masih menyisakan masalah. Total dana milik agen di DIY yang ada di Mandala Air mencapai Rp960 juta. Ini terdiri dari uang deposit RP261 juta, refounds tiket Rp690 juta dan sisanya insentif dari Mandala kepada agen yang belum terbayarkan.

“Belum ada kejelasan masalah itu, lah ini kok tiba-tiba mau terbang lagi,” ujar pemilik Gemaharomas Tour and Travel ini.

Secara prinsip, Asita sebenarnya mendukung dan menyambut baik dengan adanya penerbangan ini. Asalkan semuanya dilakukan dengan tanggung jawab dengan travel agen maupun kepada masyarakat. Idealnya, Mandala harus menyelesaikan tunggakan yang ada, baru melakukan kerjasama lagi.

"Masyarakat juga harus memahami kondisi yang ada. Jika agen menjual pasti akan ada kesan agen telah mendapatkan pengembalian. Masyarakat yang dulu menjadi korban pasti akan meminta hak kepada agen. Padahal ini tidak pernah ada," pungkasnya.

Selama ini, imbuhnya, 80 persen penjualan tiket pesawat mengandalkan dari agen. Dengan penolakan ini, pasti mereka akan kesulitan menjual sendiri, dengan sistem internet. Ujung-ujungnya operasional akan tinggi dan mereka terancam tidak bisa beroperasi. “Masyarakat harus tahu itu, agar tidak mudah membeli tiket,” tegasnya.

Untuk diketahui, Mandala Air akan melakukan penerbangan perdana dari Pekanbaru-Yogyakarta pada pukul 10.05 WIB. Sedangkan dari Yogyakarta-Pekanbaru pada pukul 10.45 WIB.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5263 seconds (0.1#10.140)