Pelindo II tunjuk Mitsui Co sebagai mitra kerja

Rabu, 27 Februari 2013 - 16:08 WIB
Pelindo II tunjuk Mitsui Co sebagai mitra kerja
Pelindo II tunjuk Mitsui Co sebagai mitra kerja
A A A
Sindonews.com - PT Pelabuhan Indonesia II atau Pelindo II (Persero) mengumumkan penandatanganan Memorandum of Agreement dengan Mitsui & Co Ltd Jepang (Mitsui), sebagai preferred bidder mitra kerja untuk pembangunan, pendanaan, dan pengoperasikan Terminal Kontainer Satu di Terminal NewPriok di Jakarta.

Mitsui adalah mitra kerja pertama yang terpilih untuk Terminal NewPriok. Dalam waktu sembilan bulan ke depan, Pelindo II akan memilih partner lainnya untuk dua terminal kontainer dan dua terminal petroleum (bahan bakar). Total investasi yang dialokasikan untuk pembangunan Terminal NewPriok adalah USD2,5 miliar atau sekitar Rp24 triliun.

"Kesepakatan bersama dengan Mitsui ini akan memberikan kepastian bahwa mulai September 2014, kapal pertama akan bertambat dan beroperasi di Terminal Kontainer Satu di Terminal NewPriok," kata Sekretaris Perusahaan Pelindo II, Yan Budi Santoso dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (27/2/2013).

Terminal NewPriok akan melipat gandakan kapasitas penanganan kontaine (container handling) di Pelabuhan Tanjung Priok, dan menjadi terminal pertama di Indonesia yang mampu melayani kapal kontainer terbesar yang ada saat ini.

"Selanjutnya, Terminal NewPriok juga memungkinkan untuk melayani tanker berukuran AFRAMAX untuk bertambat di Pelabuhan Tanjung Priok," imbuhnya.

Dalam proses seleksi mitra operator, Rothschild, Norton Rose dan David Wignall Associates telah bertugas sebagai advisor IPC, sementara Herbert Smith Freehills, Ernst & Young dan Portek menjadi advisor Mitsui.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5477 seconds (0.1#10.140)