Dana APBN kecil, dirut KAI 'ngadu' ke DPR

Senin, 04 Maret 2013 - 12:02 WIB
Dana APBN kecil, dirut...
Dana APBN kecil, dirut KAI 'ngadu' ke DPR
A A A
Sindonews.com - Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan menuturkan, KAI mendapatkan tugas berat meningkatkan kapasitas angkut tanpa adanya dana APBN sama sekali.

Meski demikian, pihaknya mengklaim berhasil melaksanakan tugas berat tersebut. Bahkan, KAI menargetkan akan terus meningkatkan penumpang hingga 1,2 juta penumpang pada 2018.

"KAI mendapat tugas meningkatkan kapasitas angkut. Pada 2010, baru 400 ribu penumpang per hari. Sekarang sudah 550 ribu penumpang per hari. Pada 2018 akan jadi 1,2 juta penumpang. Ini tanpa dana dari APBN. Apakah kami mengeluh? Tidak," kata Jonan siang ini di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/3/2013).

Jonan menyatakan, pemerintah bahkan tidak memberikan bantuan dana sedikit pun kepada KAI ketika terjadi bencana longsor yang merusak jalur kereta api di Cilebut, Bogor. "APBN tidak menyediakan apa-apa waktu longsor besar di Cilebut," tambahnya.

Selain itu, pemerintah juga tidak membantu KAI membangun berbagai fasilitas perkeretaapian, terutama stasiun. Padahal, sarana perhubungan lain seperti pelabuhan dan bandara pembangunannya dibantu pemerintah.

"Hampir semua pelabuhan dan bandara dibangun pemerintah. Kalau ini (stasiun) enggak, kami bangun sendiri," ujarya Jonan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5677 seconds (0.1#10.140)