Pemerintah siapkan skenario batas bawah pertumbuhan ekonomi

Jum'at, 08 Maret 2013 - 14:13 WIB
Pemerintah siapkan skenario batas bawah pertumbuhan ekonomi
Pemerintah siapkan skenario batas bawah pertumbuhan ekonomi
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bambang Brodjonegoro tidak menampik pihaknya tengah memikirkan skenario terburuk dari pertumbuhan ekonomi yang berada di batas bawah sebesar 6,3 persen.

"Kita juga memiliki skenario bawah tersebut dan salah satu skenario bawah kita seperti itu (6,3 persen). Tapi kita juga beharap memiliki kebijakan terkait itu dan berharap kondisi global membaik," ujarnya di Kemenkeu, Jumat (8/3/2013).

Bambang mengatakan, pemerintah masih bertahan di kisaran pertumbuhan sebesar 6,6-6,8 persen, tetapi tetap sudah menghitung skenario terburuk dari pertumbuhan. "Artinya kita bisa melihat bahwa kemungkinan terjelek mungkin sama (6,3 persen)," kata dia.

Walau demikian, Bambang mengaku, sebagai bagian dari pemerintah, pihaknya sebenarnya tidak boleh melihat skenario terburuk dari pertumbuhan, tapi harus fokus sesuai tujuan awal pertumbuhan.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 dan 2014 masih akan tetap positif, meski ekonomi dunia belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan secara signifikan.

"Pada 2013 dan 2014, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap tinggi, ditengah perlambatan ekonomi dunia," terang Gubernur BI Darmin Nasution, beberapa waktu lalu.

Darmin menambahkan, kisaran pertumbuhan ekonomi tahun ini dan tahun depan sendiri akan tumbuh masing-masing dalam kisaran 6,3-6,8 persen dan 6,7-7,2 persen.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7003 seconds (0.1#10.140)