Rambah petrokimia, Pertamina gandeng Global Chemical

Selasa, 12 Maret 2013 - 09:22 WIB
Rambah petrokimia, Pertamina gandeng Global Chemical
Rambah petrokimia, Pertamina gandeng Global Chemical
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) menetapkan PTT Global Chemical Public Company Limited sebagai mitra untuk pengembangan bisnis petrokimia nasional guna merebut pangsa pasar petrokimia di Indonesia.

PTT Global Chemical ditetapkan sebagai mitra perseroan pada Senin (11/3/2013) setelah melalui proses beauty contest yang diikuti oleh 11 perusahaan petrokimia skala global. Setelah ini, Pertamina akan menyiapkan kerangka kerja sama kedua perusahaan yang akan dituangkan dalam bentuk Head of Agreement (HoA) dan akan ditandatangani pada awal April 2013.

Tahap selanjutnya, kedua perusahaan akan melakukan studi kelayakan lebih detail terkait rencana pengembangan bisnis ke depan. Pertamina menargetkan perusahaan patungan antara Pertamina dan PTT Global Chemical dapat dibentuk pada akhir Desember 2013 untuk mempercepat pelaksanaan program pengembangan bisnis ke depan.

“PTT Global Chemical merupakan perusahaan yang memiliki reputasi global di bidang petrokimia. Kerja sama ini diharapkan menjadi awal yang positif untuk membawa Pertamina mencapai target-target bisnis petrokimia sebagai salah satu pilar inti pertumbuhan perusahaan untuk mencapai aspirasi sebagai Asia Energy Champion pada 2025,” kata Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (12/3/2013).

Karen berharap kerja sama Pertamina-PTT Global Chemical tidak sekadar untuk membangun pabrik petrokimia, melainkan juga kerja sama di bidang pemasaran serta riset dan pengembangan untuk menghasilkan produk berkualitas dan kompetitif guna merebut pangsa pasar petrokimia Indonesia dan Asia yang sangat menjanjikan.

Sebagai informasi, PTT Global Chemical merupakan produsen olefin dan aromatic terbesar di Thailand dan pemain utama di kawasan Asia dengan total kapasitas produksi 8,2 juta ton per tahun. PTT Global Chemical merupakan salah satu pemasok utama produk petrokimia di kawasan Asia Pasifik dengan dukungan kilang terintegrasi berteknologi, kompleksitas, dan efisiensi energi yang tinggi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5774 seconds (0.1#10.140)