AISI berharap lembaga pendidikan SDM terakreditasi

Rabu, 13 Maret 2013 - 13:39 WIB
AISI berharap lembaga pendidikan SDM terakreditasi
AISI berharap lembaga pendidikan SDM terakreditasi
A A A
Sindonews.com - Ketua umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Shinduwinata berharap lembaga formal maupun non formal pemberi pelatihan atau pendidikan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor industri adalah merupakan lembaga yang terakreditasi.

"Namun perlu diketahui bahwa tiap industri memiliki tempat pelatihan sendiri secara internal dan melakukan (pendidikan dan pelatihan) sesuai standar yang memang ditentukan," ungkapnya saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (13/3/2013).

Dia menjelaskan, pada umumnya standar pelatihan dan pendidikan SDM yang ditentukan oleh industri biasanya lebih tinggi dari standar industri nasional. Karena pengembangan dan peningkatan mutu harus terus dilakukan sesuai dengan peningkatan teknologi sebagai respon terhadap pasar dan konsumen.

"Sebagai contoh kalau kita menyebut kompetensi, misalkan standar kompetensi beberapa mekanik di pabrik motor yang dapat dicontoh sebagai standar minimal para mekanik maupun mereka yang terlibat dalam produksi sepeda motor dan komponennya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi VI DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait Rencana Undang Undang (RUU) Industri dan RUU Perdagangan bersama Himpunan Kawasan Industri (HKI), Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI), Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Wakil ketua Komisi VI DPR, Arya Bima mengatakan, RDPU ini dilaksanakan agar Komisi VI mendapatkan data dan informasi dari seluruh stakeholder dunia industri, sehingga persoalan-persoalan terkait dunia industri menjadi nyata.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7033 seconds (0.1#10.140)