Midea targetkan kuasai 10% pasar elektronik

Rabu, 13 Maret 2013 - 15:49 WIB
Midea targetkan kuasai 10% pasar elektronik
Midea targetkan kuasai 10% pasar elektronik
A A A
Sindonews.com - PT Midea Planet Indonesia (Midea) menargetkan kuasi 10 persen pasar elektronik dengan membidik market peralatan rumah tangga.

Presiden Direktur PT Midea Planet Indonesia, Jino Sugianto berharap target tersebut dapat meningkatkan penjualan produk Midea sampai Rp1,5 triliun dari proyeksi penjualan produk elektronik nasional sebesar Rp14,5 triliun.

Menurutnya, target tersebut sejalan pertumbuhan pangsa pasar elektronik di kawasan ini. Pada tahun ini, potensi penjualan produk elektronik di Indonesia diperkirakan mencapai Rp33 triliun. Tumbuh sekitar Rp5 triliun dari tahun lalu sekitar Rp28 triliun. "Market elektronik di Indonesia rata-rata tumbuh sekitar Rp5 triliun per tahun. Ini potensi besar bagi kami," jelas Jino, Rabu (13/3/2013).

Jino menuturkan, pangsa pasar elektronik masih didominasi kategori home appliance dan small appliances. Seperti mesin cuci, air conditioner (AC), kulkas, rice cooker, dan lainnya. Untuk katagori small appliances, produk kipas angin diprediksi menduduki posisi tertinggi penjualan produk elektronik di Indonesia dengan potensi sampai 15 juta unit.

Di urutan kedua yaitu pemanas air dengan potensi penjualan 1 juta unit. Masing-masing produk diperkirakan tumbuh 125 persen pada 2013. "Walaupun, penjualan pemasak nasi atau rice cooker, diperkirakan masih sangat mendominasi, sekitar 13,5 juta unit atau tumbuh 110 persen dari tahun lalu," jelasnya.

Walaupun baru masuk pasar Indonesia pada 2010, Midea mengklaim mencatat pertumbuhan penjualan cukup signifikan. Pada periode 2011, penjualan Midea naik 583 persen dibandingkan 2010. Sementara, penjualan 2012 naik 161 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kontribusi terbesar masih tetap didominasi kategori produk pendingin ruangan sebesar 49 persen pada 2012.

Tahun ini, kata Jino, Midea yakin penjualan produk AC tetap positif dan terus tumbuh. Hal itu sejalan dengan pertumbuhan perumahan di Indonesia. Masyarakat kelas menengah, diperkirakan akan belanja produk pendingin ruangan untuk rumah barunya. "Sektor properti salah satu segmen yang kami bidik. Sektor ini diperkirakan tumbuh pesar di tahun ini," imbuhnya.

Selain menggarap segmen rumah tangga, Midea juga fokus menyasar corporate seperti hotel dan gedung, untuk meningkatkan penjualan pendingin rungan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2495 seconds (0.1#10.140)