Pengamat: Branchless banking akan tumbuh pesat

Selasa, 19 Maret 2013 - 17:04 WIB
Pengamat: Branchless banking akan tumbuh pesat
Pengamat: Branchless banking akan tumbuh pesat
A A A
Sindonews.com - Pengamat ekonomi, Yanuar Rizky mengatakan, bahwa dana masyarakat yang mengalir ke lembaga keuangan dan pasar keuangan akan semakin terintegrasi. Sehingga, bisnis perbankan branchless akan tumbuh pesat ke depan.

"Intinya bisnis ini padat modal, pada infrastruktur juga padat. Karena bank ini bisnis trust sehingga prinsip industri keuangan yang bagus tidak banyak risikonya," katanya dalam Seminar Nasional "Prospek Branchless Banking Dalam Mendorong Efisiensi Perbankan di Indonesia" di Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Menurutnya, perbankan juga harus membangun infrastruktur kuat untuk menekan sistemic risk. Karena infrastruktur adalah bagian dari trust tersebut. "Salah satunya dengan branchless bank," ujarnya.

Yanuar menuturkan, kepentingan untuk menekan risiko secara pelan akan berubah menjadi inovasi bisnis, terutama untuk transaksi keseharian masyarakat.

"Karena adanya point of sale yang secara infrastruktur dapat berbicara dengan sistem pembayaran di bank, maka muncullah institusi non bank yang menjadi seperti bank," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6712 seconds (0.1#10.140)