Kemenkes ingin Jamkesmas-Jamkesda terintegrasi

Selasa, 19 Maret 2013 - 17:22 WIB
Kemenkes ingin Jamkesmas-Jamkesda terintegrasi
Kemenkes ingin Jamkesmas-Jamkesda terintegrasi
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan, dua jaminan kesehatan yang dikelola pemerintah yaitu Jamkesmas oleh Kemenkes dan Jamkesda oleh pemda ke depannya harus berintegrasi.

"Ke depannya sistem Jamkesmas dan Jamkesda harus terintegrasi dengan baik dimana manfaat layanan kesehatannya minimum sama," ujarnya dalam konferensi pers seusai rakor tentang Pembahasan Temuan Pemeriksaan Jamkesmas di Hotel Crowne,Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Ali mengatakan, untuk tahapan transisi, Pemda mengcover Jamkesmas dengan Jamkesda dan mencari formula agar menguntungkan semua pihak dengan cara memetakan seluruh RS Indonesia dari swasta dan pemerintah sampai per kabupaten dan menyiapkan anggaran Rp1 triliun khusus untuk Rumah Sakit.

Kemudian, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dari mindset dan operasionalisasi metode yang menjamin pelayanan bagus dan efisien di rumah sakit dan dipantau oleh BPK. "Kita ingin akhir Maret 2013 perbaikan data Jamkesmas selesai, begitupun kartu Jamkesmas," tukas Ali.

Sebelumnya, Ali mengaku senang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan program Jamkesmas, karena hal ini sebagai perwujudan Good Governance.

Tetapi dia juga mengungkapkan masih ada banyak kendala terkait pelaksanaan program Jamkesmas dan Jamkesda ini. "Awal yang bagus, ini adalah wujud dari bagaimana Good Governance dilaksanakan," ujarnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5214 seconds (0.1#10.140)