Pengangguran tinggi, ribuan pelamar serbu bursa kerja

Rabu, 20 Maret 2013 - 16:14 WIB
Pengangguran tinggi, ribuan pelamar serbu bursa kerja
Pengangguran tinggi, ribuan pelamar serbu bursa kerja
A A A
Sindonews.com - Bursa lowongan kerja di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) diserbu pelamar dari berbagai daerah. Hal ini menunjukkan jumlah pengangguran di daerah tersebut masih tinggi.

Meski harus berdesak-desakan, mereka berlomba-lomba merebut peluang sebanyak 5.306 lowongan dari berbagai perusahaa yang ada di Jombang. Bahkan, sebagian peserta mengaku sudah antre sejak pukul 05.00 WIB, padahal acara baru dibuka pukul 10.00 WIB.

"Saya datang sejak pukul 05.00 WIB, tapi baru dibuka pukul 10.00 WIB," kata salah seorang pelamar kerja, Khudoiri, Rabu (20/3/2013).

Lebih dari enam ribu pencari kerja ini langsung berbondong-bondong menyerbu tempat diselenggarakannya bursa kerja di Gedung Olah Raga (GOR) Kota Jombang, Jatim.

Berdasarkan pantauan, mereka langsung berebut mengambil formulir di meja perusahaan yang dinginkan. Jika kalah cepat, mereka khawatir akan kehilangan kesempatan ini.

Peluang yang dibuka dalam bursa kerja ini mayoritas adalah buruh di sejumlah perusahaan asing. Seperti perusahaan mainan anak-anak, perusahaan perkayuan hingga bagian managemen seperti di perbankan atau marketing di perusahaan-perusahaan penjualan.

Wakil Bupati Jombang, Widjono Soeparno berharap, bursa kerja yang disediakan ini akan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Jombang. Dia menuturkan, tahun ini, yang terdaftar saat mengurus karrtu kuning di kantor Dina Tenaga Kerja Kabupaten Jombang mencapai 7.615 orang. Jumlah ini belum termasuk yang terdaftar.

Para pencari kerja berharap, pemerinta melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang membuka lebih banyak lagi peluang kerja yang ada. Karena, jumlah lulusan perguruan tinggi maupun SMU setiap taun sangat tinggi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4470 seconds (0.1#10.140)