Belum tentukan harga, Inpex prospek pembeli FLNG

Rabu, 20 Maret 2013 - 16:52 WIB
Belum tentukan harga, Inpex prospek pembeli FLNG
Belum tentukan harga, Inpex prospek pembeli FLNG
A A A
Sindonews.com - Vice President Strategy and Coordination Inpex, Hajime Kawai mengutarakan, ada aspek-aspek yang menjadi pertimbangan dalam pengembangan lebih lanjut Blok Masela. Di antaranya karena menggunakan teknologi baru Front End Engineering and Design (FEED) untuk Floating Liquefield Natural Gas (FLNG), sehingga ada permasalahan tersendiri.

"(Pengembangan FEED untuk FLNG) tergantung dari marketing, tehnik, cost juga penting. Untuk permasalahan komersial adalah berapa harga (yang dipatok) dan siapa pembelinya," ujarnya dalam konferensi pers seusai rapat pimpinan direksi inpex dengan SKK Migas di Gedung Midplaza 2, Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Hajime menjelaskan, proyek FEED FLNG ini ditarget selesai tahun 2015 nanti. Dia mengungkapkan, selain Indonesia dan Jepang, pihaknya akan melihat pembeli gas dari pihak lainnya.

"Untuk pembeli kita akan melihat demand dari domestik, ada banyak proyek LNG di luar Indonesia. Kita harus berkompetisi dengan mereka, masih menunggu waktu yang tepat untuk menemukan buyer yang tepat," paparnya.

Proyek FEED untuk FLNG ini akan dikerjakan oleh Inpex bekerjasama dengan JGC Corporation (Jepang) dan Saipem s.a. (Italia). Sedangkan stakeholder saham di blok Masela sendiri adalah Inpex sebesar 60 persen, Shell sebesar 30 persen dan 10 persennya adalah PT Energi Mega Persada (EMP).
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7097 seconds (0.1#10.140)