Indeks kepercayaan industri Prancis membaik

Jum'at, 24 Mei 2013 - 17:27 WIB
Indeks kepercayaan industri Prancis membaik
Indeks kepercayaan industri Prancis membaik
A A A
Sindonews.com - Produsen Prancis berbalik menemui titik terang terhadap prospek bisnis mereka pada Mei, karena aktivitas industri tiba-tiba bangkit.

Dilansir dari Economic Times, Jumat (24/5/2013), iklim bisnis Prancis sangat suram seiring dengan kinerja ekonomi secara keseluruhan. Namun, angka terbaru dari lembaga statistik nasional, INSEE menunjukkan, indeks kepercayaan manufaktur negara tersebut naik sebesar empat poin menjadi 92,0 poin pada Mei, dari 88,0 poin pada April.

Hal ini mengambil tingkat kepercayaan ke Februari, tetapi jatuh pendek dari rata-rata 100 poin sejak 1976. Namun, mereka yang ditanyai mengatakan, kegiatan ternyata jauh lebih baik daripada yang mereka duga.

Meskipun pesanan dari luar negeri merosot untuk memberikan pembacaan minus 29 pada Mei, dari minus 26 pada April, efek diimbangi oleh perintah dalam negeri, sehingga pesanan keseluruhan dijemput untuk pembacaan minus 33 pada Mei, dari minus 40 pada bulan sebelumnya.

Ini juga masih jauh di bawah rata-rata sejak 1976 dari minus 18. Tapi pesanan dari luar negeri tergelincir kembali untuk memberikan pembacaan minus 29 pada Mei, dari minus 26 pada April.

Pemerintah telah meningkatkan posisi kompetitif industri Prancis, karena negara ini mengalami defisit perdagangan struktural besar. Surplus perdagangan adalah faktor pertumbuhan ekonomi, sedangkan defisit cenderung melemahkan pertumbuhan investasi, konsumsi dan pengeluaran publik.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7547 seconds (0.1#10.140)