Pasar lokal besar, bank lokal enggan berekspansi

Jum'at, 24 Mei 2013 - 22:52 WIB
Pasar lokal besar, bank lokal enggan berekspansi
Pasar lokal besar, bank lokal enggan berekspansi
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Bambang Brodjonegoro menilai wajar apabila bank-bank lokal belum terlalu tertarik untuk berekspansi ke luar negeri karena pasar di Indonesia masih sangat besar, bahkan masih ada sekitar 50 persen lebih masyarakat yang belum terjangkau akses perbankan.

"Rasionalnya memang fokus dalam negeri karena belum ada urgency keluar. Market ada di sini dan dorongan ke luar hanya dipakai bank untuk berhubungan internasional bukan ekspansi. Jadi wajar fokus ke dalam negeri karena masyarakat yang punya akses perbankan saja cuma 50-an persen. Bahkan menurut Mckinsey kita 100 juta global consuming class, itu banking account sangat besar," ujarnya di JCC, Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Tapi apabila bank lokal ingin melakukan ekspansi, Bambang meminta azas resiprokal dijalankan. Karena tidak balance apabila bank asing dimudahkan berekspansi di Indonesia tetapi tidak berlaku sebaliknya.

"Tapi ketika bank-bank Indonesia keluar perlu proteksi dalam pengertian resiprokal dijalankan. Nggak balance kalau bank kita nggak berkembang di Malaysia dan Singapura. Tugas kita bagaimana dorong bank-bank Indonesia jadi tuan rumah di negeri sendiri," lanjutnya.

Dia juga meminta bank-bank ASEAN tidak bertarung secara regulasi tetapi saling memperkuat agar memperkuat ASEAN Financial Integration.

"Yang penting dalam ASEAN jangan bertarung secara regulasi, tetapi yang penting membuat regulasi agar ASEAN Financial Integration tetap kuat. Hindari beradu regulasi sehingga kita dapat race to the top," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7726 seconds (0.1#10.140)