OJK dekatkan bank dan masyarakat dengan rekening ponsel

Senin, 29 April 2013 - 14:22 WIB
OJK dekatkan bank dan masyarakat dengan rekening ponsel
OJK dekatkan bank dan masyarakat dengan rekening ponsel
A A A
Sindonews.com - Masyarakat Indonesia yang memiliki akses ke perbankan sejauh ini hanya 20 persen dari total penduduk. Terjadinya kesenjangan ini mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membuat terobosan baru melalui rekening ponsel.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad ditemui di sela sosialisasi OJK kepada kalangan pengusaha dan perbankan Sulsel di Hotel Aryaduta Makassar Senin (29/04/2013) mengatakan, saat ini regulasi untuk rekening ponsel sedang dibuat dan diharapkan selesai sebelum OJK resmi beroperasi di 2014 mendatang.

"Sejauh ini, masyarakat khususnya di pedesaan masih terbatas untuk mengakses produk finansial, dengan hadirnya rekening ponsel dimana setiap nomor telpon menjadi account member, maka tanpa harus ada kantor bank di satu daerah, akses ke perbankan tetap ada, sisa edukasi yang dilakukan," katanya.

Rekening ponsel sebenarnya sudah menjadi produk bank sejauh ini. Salah satu yang gencar melakukan promosi adalah Bank CIMB Niaga. Khusus untuk rekening ponsel yang regulasinya dikembangkan OJK tidak hanya mencakup urusan bank, tetapi sampai ke masalah asuransi.

"Dari ponsel setiap pengguna nantinya mampu melakukan klaim akan jenis asuransi yang dibeli, semisal sedang kehilangan motor di mall, maka pemilik bisa mengklaim asuransinya melalui rekening ponsel. Pembahasan financial inclusion ini akan mencakup seluruhnya," tuturnya.

Melihat karakteristik rekening ponsel milik CIMB Niaga, akses masyarakat melakukan transaksi perbankan akan semakin mudah. Melalui rekening ponsel, nasabah maupun masyarakat yang belum menjadi nasabah bank bisa melakukan transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia.

Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid mengatakan, rekening ponsel diharapkan mampu memudahkan seluruh lapisan masyarakat melakukan transaksi perbankan tanpa batas karena jauh lebih mudah dilakukan dari transaksi biasanya.

"Rekening ponsel dirancang khusus untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Penerima dana dapat menarik tunai hanya dengan mendaftarkan nomor ponselnya sekali saja di cabang CIMB Niaga terdekat," kata Arwin saat mensosialisasikan terobosan ini pekan lalu di Gowa Sulawesi Selatan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7072 seconds (0.1#10.140)