Pesanan manufaktur AS April 2013 naik 3,3%

Sabtu, 25 Mei 2013 - 15:17 WIB
Pesanan manufaktur AS April 2013 naik 3,3%
Pesanan manufaktur AS April 2013 naik 3,3%
A A A
Sindonews.com - Indeks pesanan barang-barang manufaktur Amerika Serikat (AS) pada April 2013 rebound, didukung semakin banyaknya permintaan untuk pesawat dan investasi bisnis yang lebih kuat. Keuntungan menunjukkan pertumbuhan ekonomi mulai stabil pada musim semi ini.

Dilansir dari Denver Post, Sabtu (25/5/2013), Departemen Perdagangan AS mengatakan, pesanan untuk barang tahan lama, diperkirakan berlangsung setidaknya tiga tahun naik 3,3 persen pada April dari bulan sebelumnya. Menyusul penurunan 5,9 persen pada Maret.

Sebuah ukuran rencana investasi bisnis meningkat 1,2 persen. Pemerintah merevisi angka Maret menunjukkan kenaikan 0,9 persen bukan sedikit penurunan seperti sebelumnya.

Perusahaan memesan mesin dan produk elektronik pada bulan lalu, sebagai tanda-tanda kepercayaan. Belanja lebih oleh bisnis bisa meredakan kekhawatiran, bahwa manufaktur bisa menyeret ekonomi pada akhir tahun ini.

Pabrik telah melihat sedikit pesanan di awal tahun, sebagian karena pertumbuhan global lebih lambat hingga mengurangi permintaan ekspor AS. Ekonom juga khawatir bahwa pemotongan pengeluaran pemerintah federal across-the-board dan pajak yang lebih tinggi mungkin mendorong perusahaan mengurangi pesanan.

Paul Ashworth, ekonom dari Capital Economics, mengatakan, laporan April menunjukkan pertumbuhan ekonomi memegang. Dia memprediksi bahwa pertumbuhan pada kuartal April-Juni akan berada di tingkat 2 persen menjadi 2,5 persen. Itu tidak jauh lebih rendah dari tingkat 2,5 persen yang dilaporkan untuk kuartal Januari-Maret.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6145 seconds (0.1#10.140)