Bank Sentral Rusia tolak pemotongan suku bunga

Jum'at, 29 Maret 2013 - 15:27 WIB
Bank Sentral Rusia tolak pemotongan suku bunga
Bank Sentral Rusia tolak pemotongan suku bunga
A A A
Sindonews.com - Bank Sentral Rusia percaya pemotongan suku bunga tidak akan membantu perekonomian, tanpa pencocokan tindakan kebijakan pemerintah.

Dilansir The Economic Times, Jumat (29/3/2013), Ketua Deputi Bank Sentral Rusia, Sergei Shvetsov berpendapat, langkah pemotongan suku bunga justru akan meningkatkan inflasi dibandingkan pertumbuhan.

Pekan depan, bank sentral akan bertemu dengan pemerintah untuk membahas suku bunga bulan mendatang. Hal ini datang di bawah tekanan politik untuk menurunkan suku bunga karena pertumbuhan ekonomi Rusia yang melambat secara signifikan.

Namun, bank sentral menyatakan bahwa inflasi yang sedang berjalan di atas 7 persen harus pada tren penurunan.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin telah memilih orang dari lingkaran dalam pemerintahan untuk memimpin bank sentral, setelah panggilan pemerintah untuk menurunkan biaya pinjaman tidak didengar pejabat sekarang.

Putin menominasikan Elvira Nabiullina, 49, mantan menteri ekonomi, untuk mengambil alih jabatan ketua Bank Sentral Rusia dari Sergey Ignatiev, yang akan pensiun pada akhir jabatan ketiganya, 23 Juni mendatang.

Nabiullina diperlukan untuk mengendalikan bentrokan antara pemerintah dan bank sentral atas suku bunga ekonomi Rusia sebesar USD2 triliun, memperluas di laju terlemah sejak kontraksi 2009.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6769 seconds (0.1#10.140)