Medco kaji proyek migas di Malaysia

Minggu, 31 Maret 2013 - 20:19 WIB
Medco kaji proyek migas...
Medco kaji proyek migas di Malaysia
A A A
Sindonews.com - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menargetkan akan melakukan ekspansi ke Malaysia. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan dengan GOM Resources untuk proyek pengembangan minyak dan gas.

Sekretaris Perusahaan MEDC Imron Gazali mengatakan, perseroan belum bisa menyebutkan nilai investasi proyek tersebut. Sementara target operasi kerjasama dengan GOM Resources masih dipelajari.

"Kami masih mempelajari prospek lapangan migas yang ditawarkan Petronas dan juga sistem PSC di malaysia," ujar Imron saat dihubungi, Minggu (31/3/2013).

Dia mengaku optimistis peluang bisnis migas di negeri jiran tersebut cukup baik. Hal ini disebutnya sesuai dengan pengalaman perseroan yang terbukti sukses dalam pengoperasian lapangan-lapangan yang sudah tua.

Sebelumnya, Direktur Utama & CEO MEDC Lukman Mahfoedz mengumumkan, penandatanganan Nota Kesepakatan (MoA) perseroan dengan GOM Resources Sdn Bhd. Kerja sama tersebut untuk mengembangkan proyek-proyek lapangan migas dan Risk Service Contract (RSC) di Malaysia, serta peluang eksplorasi dan produksi di daerah lainnya.

GOM Resources adalah entitas anak yang dimiliki penuh oleh Puncak Oil & Gas Sdn Bhd yang merupakan entitas anak yang dimiliki penuh oleh Puncak Niaga Holdings Berhad. GOM Resources bergerak di bidang pengadaan jasa serta kontraktor instalasi dan konstruksi lepas pantai di industri migas Malaysia.

“Penandatanganan MOA ini menunjukkan usaha Perseroan yang terus-menerus mencari peluang pengembangan bisnis baru, utamanya di sektor E&P," ujar Lukman dalam keterangan persnya.

Dia juga mengatakan penandatanganan MoA ini menandai kerjasama di bidang pengembangan dan operasi produksi migas bagi kedua perusahaan. Perseroan dan GOM Resources akan bersama-sama melakukan evaluasi dan studi data teknis serta penilaian komersial terhadap kelayakan peluang yang akan dikerjakan. Dengan MOA tersebut juga diharapkan kedua perusahaan dapat saling berbagi pengetahuan dan berkolaborasi lebih lanjut.

"Kami menghargai GOM Resources sebagai mitra strategis lokal yang penting dalam usaha baru ini dan kami percaya GOM Resources akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi konsorsium,” ujarnya.

Sementara Komisaris Utama dan Chairman MEDC Hilmi Panigoro mengatakan, dalam kesempatan yang sama mengaku optimisitis dengan kerja sama tersebut. Hal ini didukung kesuksesan selama ini dalam pengoperasian lapangan tua di Indonesia, serta di luar negeri.

"Kami yakin mampu mengulang kisah sukses ini di industri migas di Malaysia,” ujar Hilmi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0075 seconds (0.1#10.140)