Juli 2013, Pertamina mulai terapkan SMP BBM

Rabu, 03 April 2013 - 16:07 WIB
Juli 2013, Pertamina mulai terapkan SMP BBM
Juli 2013, Pertamina mulai terapkan SMP BBM
A A A
Sindonews.com - Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Ali Mundakir mengatakan, bahwa Pertamina mengembangkan Sistem Monitoring dan Pengendalian bahan bakar minyak (SMP BBM) yang berfungsi untuk mencatat setiap liter BBM bersubsidi yang keluar dari dispenser SPBU ke kendaraan.

Ke depannya, sistem ini juga akan digunakan Pertamina dalam menagih penyaluran BBM bersubsidi ke pemerintah.

"SMP ini adalah sistem IT yang akan digunakan diseluruh SPBU di Indonesia yang fungsinya mencatat setiap liter BBM subsidi yang keluar dari dispenser SPBU ke kendaraan. Jumlahnya berapa itu akan bisa dicatat oleh sistem ini sehingga pencatatan ini berguna untuk bahan verifikasi pada saat pertamina menagih penyaluran BBM subsidi ke pemerintah," jelasnya kepada Sindonews di Kantor Pertamina, Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Menurutnya, pemerintah akan menerapkan kebijakan pembatasan itu dengan mudah dan bisa diaplikasikan dengan cara diprogram di setiap SPBU. "Nanti pompanya bisa diprogram berapa liter dan berapa rupiah. Setelah batas dilampaui dispenser akan mati dengan sendirinya," ujarnya.

Dia memperkirakan, pada Juli 2013, SMP ini sudah bisa diterapkan di wilayah Jabodetabek dan diharapkan pada 2014 sudah bisa dipasang di seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan Juli sudah bisa diterapkan di wilayah Jabodetabek dan kita harapkan pada 2014 bisa seluruh Indonesia karena ada 5.000 SPBU di seluruh Indonesia dan jumlah pompanya 98 ribu, jadi harus bertahap," kata Ali.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4482 seconds (0.1#10.140)