Jero: Orang baru kaya susah diajak hemat energi

Kamis, 04 April 2013 - 13:34 WIB
Jero: Orang baru kaya susah diajak hemat energi
Jero: Orang baru kaya susah diajak hemat energi
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik mengutarakan bahwa pola masyarakat khususnya kelas menengah masih sangat sulit diajak hidup hemat energi.

"Kita harus jujur kalau kelas menengah itu apalagi yang baru kaya, susah diajak hemat. Beli AC lima hidup semua dan buang listrik, kan enggak efektif. Selain itu, karena kemajuan ekonomi membuat efek pada konsumsi energi. Karena perekonomian tumbuh 6 persen, industri bergairah itu jadi konsumsi energi semakin besar," katanya kepada Sindonews di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Kamis (4/4/2013).

Selain itu, dia mengatakan tujuh instruksi yang harusnya diimplemetasikan dengan baik, dalam kenyataannya kurang efektif. Hal ini disebabkan karena masyarakat susah diajak hemat energi.

"Tujuh instruksi berjalan, namun kurang efektif seperti mematikan lampu itu susah. Hampir sebagian besar masyarakat diajak hemat susah," tegasnya.

Secara khusus, Jero mengimbau media untuk mensosialisasikan penghematan energi. Sementara, pemerintah mengkaji kebijakan yang terbaik.

"Media ikut mensosialisasikan. Jelaskan ke masyarakat melalui media. Sementara pemerintah sedang mengkaji yang terbaik," tandasnya
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4816 seconds (0.1#10.140)