Jepang minta dukungan Meksiko gabung TPP

Senin, 08 April 2013 - 11:39 WIB
Jepang minta dukungan Meksiko gabung TPP
Jepang minta dukungan Meksiko gabung TPP
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Jepang mengharapkan, Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto memberikan dukungannya terhadap rencana 'Negeri Sakura' bergabung dengan forum perdagangan bebas Trans-Pacific Partnership (TPP).

Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga mengemukakan, Tokyo menginginkan Nieto kembali pada keikutsertaannya dalam negosiasi selama pembicaraan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe.

"Kami berharap Meksiko akan menunjukkan sikap positif pada partisipasi awal Jepang dalam negosiasi TPP selama pembicaraan KTT," kata Suga, seperti dilansir dari Global Post, Senin (8/4/2013).

TPP memiliki peran penting bagi Presiden AS Barack Obama di Asia, yang dinilai sebagai upaya Amerika mencegah kekuatan ekonomi China.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang mengatakan, pihaknya ingin mengambil bagian dalam pembicaraan pakta perdagangan besar, tetapi harus menghadapi oposisi yang berlindung di balik kepentingan harga tinggi di sektor pertanian.

Jepang memerlukan persetujuan dari 11 anggota TTP sebelum secara resmi bergabung dengan kelompok negara Pacifik tersebut.

Dalam jawaban tertulis terhadap pertanyaan yang diajukan Kyodo News menjelang kunjungannya ke Jepang, Presiden Meksiko menyatakan keprihatinan terhadap setiap upaya Tokyo mengamankan pembebasan tarif untuk beras dan beberapa produk pertanian lainnya saat bergabung dengan pembicaraan TPP.

Menurut Kyodo, Nieto menyebutkan forum TPP akan sangat menguntungkan jika Jepang, ekonomi terbesar ketiga di dunia, menjadi bagian dari kerangka perdagangan baru.

Diketahui, Pemimpin Meksiko itu tiba di Tokyo, Minggu (7/4/2013), sebagai bagian dari tur Asia-nya bertujuan mempererat hubungan ekonomi dengan Tokyo dan Beijing. Nieto dijadwalkan akan bertemu dengan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko sebelum berbicara dengan Abe.

Jepang dan Meksiko telah memiliki perjanjian perdagangan bebas bilateral. Jepang merupakan investor asing terbesar di Meksiko dalam enam bulan pertama tahun lalu. Tercatat, Japan Inc menginvestasikan sebesar USD2,41 miliar dengan akuntansi 34 persen dari total investasi asing di Meksiko.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6596 seconds (0.1#10.140)