Pemerintah diminta lakukan efisiensi belanja modal

Senin, 08 April 2013 - 12:48 WIB
Pemerintah diminta lakukan efisiensi belanja modal
Pemerintah diminta lakukan efisiensi belanja modal
A A A
Sindonews.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana minta pemerintah melakukan efisiensi terhadap belanja barang dan modal pemerintah, termasuk output cadangan.

"Efisiensi termasuk output cadangan, kalau yang lalu ada output cadangan kita coba untuk enggak boleh dikurangi, output cadangan artinya ada anggaran tapi kegiataannya belum well define itu enggak boleh dan harus dikurangi," ujarnya di Gedung Bappenas, Jakarta, Senin (8/4/2013).

Di mencontohkan seperti dalam membangun gedung Kementerian atau Lembaga (K/L) sudah harus selesai tahun ini, dan anggaran tahun depan jangan sampai terbawa, dan proyek multiyears atau duplikasi harus dibersihkan.

"Ini start dari awal, kalau masuk trilateral meeting harus tajam dan efisien secara prosentasi pagu indikatif tahun lalu Rp541 triliun sekarang Rp561 triliun. Rp561 triliun tahun ini sudah termasuk anggaran pendidikan karena volume anggarannya sekarang Rp1.900 triliun, tahun lalu Rp1.680 triliun. Ada porsi kenaikan anggaran pendidikan," pungkasnya.

Sebelumnya, Armida memaparkan bahwa Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2014 sangat penting dan strategis. "Karena RKP ini adalah yang terakhir bagi pemerintahan sekarang. Sebab itu, harus disiapkan secara baik," ujarnya.

Menurutnya, target RKP 2014 harus menumbuhkan ekonomi sebesar 6,4-6,9 persen, inflasi hanya 4,5 persen, dan pengangguran 5-6 persen. "Sedangkan kemiskinan diharapkan turun 8-10 persen," katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8814 seconds (0.1#10.140)