MTI : Masyarakat tidak perlu khawatir

Senin, 08 April 2013 - 15:13 WIB
MTI : Masyarakat tidak perlu khawatir
MTI : Masyarakat tidak perlu khawatir
A A A
Sindonews.com - Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengungkapkan, masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya peningkatan beban biaya transportasi kereta api (KA) akibat peralihan kereta api listrik (KRL) ekonomi ke commuter line.

"Jadi, ada yang perlu diluruskan, sebenarnya tidak ada kenaikan tarif. Tarifnya itu tetap, malah penumpang itu naik kelas. Yang tadinya kelas ekonomi jadi commuter line," ujar Ketua MTI Djoko Setijowarno saat dihubungi di Jakarta, Senin (8/4/2013).

Dia berpandangan, kendati ada peningkatan pengeluaran yang mungkin dirasakan masyarakat, hal itu hanya bagian dari penyesuaian seiring dengan meningkatnya pelayanan yang diberikan.

Kendatipun demikian, Djoko menegaskan, untuk kelompok masyarakat ekonomi kurang mampu tidak perlu khawatir. Pasalnya, pemerintah telah menyiapkan mekanisme penyaluran subsidi, sehingga harga tiket yang harus dibayar bisa lebih murah.

"Kalau dikatakan ada kenaikan, kan itu menyesuaikan saja dengan fasilitasnya. Biar tidak ada yang naik-naik di atas kereta. Masalah tarif, tidak perlu khawatir karena memang ada pengecualian untuk masyarakat yang kurang mampu, ya itu tadi lewat e-ticketing," papar dia.

Untuk penerapannya, menurut dia, perlu dibatasi agar tidak terjadi kebocoran dan penyaluran subsidi yang dilakukan bisa tepat sasaran.

"Tapi memang ada pembatasan, kelonggaran untuk untuk masyarakat tidak mampu itu hanya diberlakukan pada jam-jam kerja. Jadi, weekend (akhir pekan) tidak berlaku," terangnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7062 seconds (0.1#10.140)