Pengusaha diminta hasilkan produk berstandar kesehatan

Selasa, 09 April 2013 - 15:52 WIB
Pengusaha diminta hasilkan produk berstandar kesehatan
Pengusaha diminta hasilkan produk berstandar kesehatan
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan meminta pelaku bisnis Indonesia untuk menghasilkan produk yang tidak hanya memenuhi standar ramah lingkungan, tapi juga standar kesehatan.

"Kami percaya kesadaran masyarakat Indonesia semakin tinggi atas hal tersebut di masa yang akan datang," katanya dalam acara launching EU-Indonesia Trade Support Programme di Le Meridien Hotel, Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Pernyataan tersebut dilatarbelakangi adanya problem beberapa komoditas Indonesia yang tidak dapat memenuhi standar kesehatan dan ramah lingkungan. Seperti produk ikan olahan Indonesia yang ditolak luar negeri karena diduga mengandung bahan pengawet beberapa bulan lalu.

Kondisi ini, lanjut dia, mendorong kerja sama Uni Eropa dengan Indonesia melalui program Trade Support Programme (TSP) II. Dalam program tersebut, Uni Eropa menghibahkan dana 15 juta euro dalam jangka waktu empat tahun untuk memperkuat infrastruktur pendukung peningkatan mutu komoditas ekspor Indonesia ke Eropa.

"Uni Eropa berkomitmen untuk mempererat hubungan perdagangan dengan Indonesia dan melalui TSP II. Kami berharap dapat meningkatkan daya kompetitif produk ekspor Indonesia di pasar Uni Eropa serta meningkatkan nilai perdagangan diantara kedua belah pihak," kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Brunai dan ASEAN, Julian Wilson.

Menurutnya, pangsa pasar Uni Eropa saat ini mencapai 18 persen dari total perdagangan dunia. Meski saat ini Eropa sedang dilanda krisis financial, namun kawasan tersebut masih menjadi potensi besar bagi Indonesia dalam upaya untuk meningkatkan nilai ekspor.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4074 seconds (0.1#10.140)