Pembiayaan investasi emas syariah menurun

Rabu, 10 April 2013 - 13:32 WIB
Pembiayaan investasi emas syariah menurun
Pembiayaan investasi emas syariah menurun
A A A
Sindonews.com - Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI), Edy Setiadi mengatakan, bahwa total angka investasi emas syariah pada 2012 mengalami penurunan dibanding 2011.

Menurutnya, total pembiayaan investasi emas memang masih tergolong kecil, rasionya terhadap total pembiayaan bank syariah.

"Investasi emas sekitar Rp4 triliun pada 2012 dari total Rp154 triliun pembiayaan bank syariah. Dan itu kan kecil sekali, yang jelas sudah menurun sekali dari tahun kemarin," katanya kepada Sindonews di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Edy mengatakan, penurunan ini diakibatkan BI membuat pembatasan karena dikhawatirkan jika harga emas melambung sangat tinggi dan permintaan yang membludak, maka akan berpengaruh terhadap kondisi ekonomi

"Semula mencapai Rp7 triliun pada akhir 2011 dan setelah itu kita dorong bank untuk menurunkan angkanya terus. Karena apabila terlalu tinggi maka dikhawatirkan ada fluktuasi harga emas dan akan menimbulkan bubble, apalagi dengan maraknya investasi emas bodong kemarin," ujarnya.

Sementara, terkait dengan wacana bank syariah tidak menjadi bank BUMN, menurut Edy hal ini perlu dikembalikan ke menteri BUMN, Dahlan Iskan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5114 seconds (0.1#10.140)