Naikkan harga BBM, pemerintah siapkan kompensasi

Kamis, 11 April 2013 - 18:22 WIB
Naikkan harga BBM, pemerintah...
Naikkan harga BBM, pemerintah siapkan kompensasi
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menerangkan, bahwasannya bentuk kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan direalisasikan kususnya untuk penanggulangan kemiskinan lewat pembangunan infrastruktur.

"Kompensasi itu kalaupun ada dana itu untuk penanggulangan kemiskinan diutamakan dengan infrastruktur, dua itu aja," terang Hatta di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Sayangnya Hatta masih enggan berkomentar lebih jauh perihal berapa besar nilai kompensasi yang mungkin dianggarkan pemerintah sehubungan dengan rencana menaikkan harga BBM Bersubsidi yang saat ini tengah dibahas pemerintah.

Namun demikian, dirinya memastikan bahwa seberapa besar angka kompensasi tersebut, telah dikaji secara serius oleh timnya. "Pembahasan tentu sampai kepada itu (besaran nilai kompensasi) tentu saja sampai pada hitungan itu," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, terkait masalah kenaikan BBM, saat ini pemerintah memiliki dua opsi yang akan segera difinalkan keputusannya. Dua opsi yang harus diputuskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni menaikkan BBM secara merata dengan bantuan, atau kenaikan hanya untuk yang mampu saja.

"Goal kita menurunkan subsidi, solusinya menaikan harga BBM. Pilihannya apakah harga BBM akan dipukul rata dengan bantuan, atau apa bagi yang patut mendapatkan subsidi," kata SBY beberapa waktu lalu.

SBY menjelaskan, makro ekonomi Indonesia saat ini harus benar-benar dijaga agar sehat. Jangan sampai BBM naik, inflasi naik, dan kemiskinan meningkat. "Saya pengalaman tiga kali kenaikan (BBM), 2005 dua kali, 2008 satu kali. Dan, ketika dinaikkan harga-harga naik tinggi," kata SBY.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0748 seconds (0.1#10.140)