Ini penyebab daerah tertinggal pada wisata MICE

Sabtu, 13 April 2013 - 15:52 WIB
Ini penyebab daerah tertinggal pada wisata MICE
Ini penyebab daerah tertinggal pada wisata MICE
A A A
Sindonews.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar), Nunung Sobari menuturkan, ada faktor yang menyebabkan beberapa daerah tertinggal di bidang wisata MICE (Meetings, Incentive Travel, Conventions, dan Exhibitions) baik nasional maupun internasional.

Secara rinci, dia menjelaskan, penyebab tersebut antara lain karena kondisi keamanan, prasarana dan sarana konvensi yang minim. "Selain itu, terbatasnya atraksi wisata pada saat dan setelah konvensi," katanya, Sabtu (13/4/2013).

Di sisi lain, peserta MICE pada umumnya terdiri dari kaum yang menuntut persyaratan tinggi, profesionalisme dari pihak Profesional Conference Organizer (PCO), yang mendukung tercapainya tujuan peserta maupun penyelenggara.

Menurut Nunung, atas dasar itulah pemerintah membuat peraturan bahwa penyelenggaraan kegiatan MICE harus dilakukan oleh Badan Usaha Jasa Pertemuan, Insentif, dan Pameran (BUJPIP). BUJPIP ini seperti PCO, PEO (Professional Exhibition Organizer) dan Incentive Tour Company yang dikenal di luar negeri dan berperan sebagai konsultan penyelenggaraan MICE.

Selan itu, lanjut dia, pengembangan industri MICE yang prospeknya sangat menjanjikan di Jabar, pihaknya berupaya untuk terus meningkatkan profesionalisme SDM kepariwisataan Jabar, khususnya pelaku/pengelola jasa MICE, melalui berbagai pembinaan dan pelatihan yang berbasis kompetensi sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3685 seconds (0.1#10.140)