Rusia berisiko tergelincir dalam resesi

Sabtu, 13 April 2013 - 19:19 WIB
Rusia berisiko tergelincir dalam resesi
Rusia berisiko tergelincir dalam resesi
A A A
Sindonews.com - Menteri Ekonomi Rusia, Andrei Belousov mengemukakan, negaranya berisiko tergelincir dalam resesi pada musim gugur. Untuk menghindari hal tersebut pemerintah perlu melakukan langkah-langkah stimulus guna menopang pertumbuhan.

"Untuk saat ini kami tidak dalam resesi, tapi kita bisa sampai di sana. Ada risiko seperti itu," kata Belousov dalam kunjungannya ke kota Blagoveshchensk, Timur Jauh Rusia, seperti dilansir dari Times of Malta, Sabtu (13/4/2013).

"Saya pikir jika musim gugur tidak melihat pertumbuhan untuk beberapa periode, kita bisa menuju resesi," tambahnya.

Setahun setelah Vladimir Putin kembali ke Kremlin dengan panggilan "ekonomi baru" untuk meningkatkan investasi dan menggoyang industri yang dikelola negara USD2,1 triliun, ekonomi Rusia stagnan.

Kementerian Ekonomi Rusia telah memangkas proyeksi pertumbuhan tahun ini sepertiga menjadi 2,4 persen pada Kamis, setelah kuartal pertama mengecewakan. Hal ini menempatkan Rusia di jalur terburuk sejak 2009, saat ekonomi turun tajam akibat krisis keuangan global.

Julia Tsepliaeva, seorang ekonom dari BNP Paribas mengatakan, laporan kementerian ditujukan untuk menempatkan lebih banyak tekanan pada Departemen Keuangan dan bank sentral, yang telah rebuffing panggilan untuk stimulus moneter demi stabilitas anggaran dan target inflasi.

"Bila data overdramatised Anda mulai berpikir bahwa hal ini dilakukan dengan sengaja, untuk mengubah politik untuk mendukung seseorang," kata Tsepliaeva.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2825 seconds (0.1#10.140)