IMF naikkan estimasi pertumbuhan Jepang 1,6%

Rabu, 17 April 2013 - 11:54 WIB
IMF naikkan estimasi pertumbuhan Jepang 1,6%
IMF naikkan estimasi pertumbuhan Jepang 1,6%
A A A
Sindonews.com - Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan estimasi pertumbuhan ekonomi Jepang menyusul kebijakan pelonggaran moneter bank sentral (BoJ) yang memberikan stimulus besar.

Dilansir dari The Japan Times, Rabu (17/4/2013), dalam laporan setengah tahunan World Economic Outlook, IMF memproyeksikan bahwa perekonomian Jepang akan tumbuh 1,6 persen tahun ini dalam produk domestik bruto (PDB) disesuaikan dengan inflasi, naik dari 1,2 persen pada perkiraan Januari.

Organisasi yang berbasis di Washington itu juga menaikkan dua kali lipat perkiraan pertumbuhan 2014 Jepang menjadi 1,4 persen dari proyeksi sebelumnya 0,7 persen.

"Jepang melakukan langkah kuantitatif dan kualitatif dalam kebijakan pelonggaran moneter substansial dengan menambah stimulus untuk membantu mempercepat pencapaian sasaran inflasi BoJ sebesar 2 persen," kata laporan itu.

Kebijakan ekonomi Perdana Menteri Shinzo Abe dan pelonggaran moneter yang agresif diperkenalkan di bawah kepemimpinan Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda, yang telah mendorong nilai yen melemah tajam terhadap dolar. Langkah ini menyebabkan beberapa negara besar lain mengeluh, bahwa Jepang sedang mencoba menurunkan nilai mata uang.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9759 seconds (0.1#10.140)