Pengangguran terbuka masih 7 juta orang

Kamis, 18 April 2013 - 15:33 WIB
Pengangguran terbuka masih 7 juta orang
Pengangguran terbuka masih 7 juta orang
A A A
Sindonews.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengungkapkan angka pengangguran terbuka di Indonesia masih tinggi. Jumlahnya masih 6,14 persen dari total penduduk Indonesia.

Muhaimin mengungkapkan, masyarakat yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi hanya 9 persen. Kondisi ini, kata dia, berdampak pada kualitas dan kompetensi dan berdampak pada daya saing dengan negara lain.

"Angkatan kerja kita terserap terus meningkat, meskipun kita masih memiliki sisa persoalan pengangguran. Tahun lalu 6,5 persen dan turun saat ini jadi 6,14 persen atau 7 jutaan orang pengangguran terbuka. Masih sisakan masalah," ujarnya dalam Seminar Youth Public Lecture dengan tema “Partisipasi Pemuda dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia", Universitas Indonesia (UI), Depok, Kamis (18/04/2013).

Dia menambahkan, pihaknya mendorong agar adanya peningkatan ekonomi informal, salah satunya alternatif kewirausahaan masyarakat. Sektor informal, kata dia, membantu penyerapan tenaga kerja.

"Termasuk pengangguran tertutup, kelihatannya kerja tetapi sebenarnya menganggur. Pengangguran tertutup adalah orang yang bekerja kurang dari 35 jam sehari. Ini jadi catatan antisipasi," paparnya.

Saat ini, lanjut Muhaimin, Indonesia terlanjur lebur di dalam perjanjian global, APEC, AFTA dan tak bisa mundur. Karena itu, pendidikan menjadi faktor utama dalam penyiapan SDM untuk pembangunan nasional.

"Tanpa itu tak bisa berdiri kuat. Pelatihan tenaga kerja kita, pembangunan dan keterampilan, jadi pondasi antisipasi tuntutan kompetensi. Itu jadi pemetaan pasar ekonomi, dengan kenyataan itu, kami sudah membantu dari APBN, lalu dunia usaha, pihak swasta terus bersinergi. Tak bisa diserahkan hanya pada pemerintah. Masing-masing harus punya skenario," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4445 seconds (0.1#10.140)