HSBC: Data manufaktur China awal April 2013 lambat

Selasa, 23 April 2013 - 11:22 WIB
HSBC: Data manufaktur China awal April 2013 lambat
HSBC: Data manufaktur China awal April 2013 lambat
A A A
Sindonews.com - Aktivitas manufaktur China melambat pada April 2013 karena permintaan luar negeri lamban. HSBC melihat data ini sebagai tanda pelemahan lebih lanjut ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (23/4/2013), indeks manajer pembelian (PMI) awal yang dirilis raksasa perbankan Inggris melambat menjadi 50,5 pada bulan ini, dari 51,6 pada akhir Maret.

Indeks disusun oleh penyedia layanan informasi Markit dan diumumkan HSBC, sebagai trek aktivitas manufaktur dan barometer yang diawasi ketat dari kesehatan perekonomian. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara di bawah poin 50 kontraksi.

Menurut HSBC, hasil pada awal April lebih rendah di belakang penurunan pesanan ekspor baru dan lapangan kerja. Di mana hasil akhir akan diumumkan pada 2 Mei mendatang.

"Pesanan ekspor baru dikontrak setelah rebound temporer pada Maret, menunjukkan permintaan eksternal eksportir China masih lemah," kata Qu Hongbin, ekonom HSBC berbasis di Hongkong dalam keterangan tertulisnya.

"Beijing diharapkan melakukan respon kuat untuk mempertahankan pemulihan ekonomi dengan meningkatkan investasi domestik dan konsumsi dalam beberapa bulan mendatang," tambahnya.

Pengamat berharap perekonomian China akan rebound tahun ini dan mendorong pertumbuhan global setelah meningkat 7,9 persen pada tiga bulan terakhir 2012. Tapi, pekan lalu pemerintah mengumumkan tingkat pertumbuhan melemah 7,7 persen untuk kuartal pertama 2013, di bawah ekspektasi pasar.

Sebelumya, Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan China tahun ini menjadi 8,0 persen. Sementara Beijing bulan lalu menetapkan pertumbuhan 2013 pada 7,5 persen, tidak berubah dari obyektif tahun lalu.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7534 seconds (0.1#10.140)