Solar langka, antrean truk di Kediri capai 3 km

Rabu, 24 April 2013 - 14:13 WIB
Solar langka, antrean truk di Kediri capai 3 km
Solar langka, antrean truk di Kediri capai 3 km
A A A
Sindonews.com - Antrean solar yang terjadi di sejumlah SPBU (pom bensin) di Kediri, Jawa Timur tidak tanggung-tanggung. Bahkan, sopir rela antre lebih dari delapan jam untuk mendapatkan solar.

Setidaknya, itulah kondisi yang terjadi di setiap SPBU yang ada di Kota Kediri. Antrean sepanjang minimal tiga kilometer (km) di setiap SPBU ini terjadi sejak beberapa minggu yang lalu. Namun semakin parah dalam seminggu terakhir.

Sopir truk angkutan jarak jauh mengaku sejak beberapa hari ini susah untuk mendapatkan solar. Di mana mereka harus rela antre berjam-jam di SPBU. Sementara untuk membeli di tingkat eceran harganya pun melambung tinggi.

Sopir truk, Tukiman mengatakan, saat ini membawa muatan jagung dari Madiun untuk dikirim ke Blitar. “Namun solarnya tidak mencukupi sehingga harus rela mengantre selama 10 jam,” jelas dia, Rabu (24/4/2013).

Hal senada juga diungkapkan oleh sopir truk jurusan Jakarta, Yanto yang mengangkut telur ini rela mengantre selama enam jam. Meski kesulitan untuk mendapatkan solar, sopir belum menaikkan ongkos angkutan.

Sementara itu, pengelola SPBU, Samiran mengaku, hanya mendapatkan pasokan solar delapan ton per hari. Padahal dalam kondisi normal, bisa mendapatkan kiriman hingga 16 ton bahkan tidak dibatasi, dan saat ini sudah mendapatkan edaran dari Pertamina jika truk dibatasi pembelian sebesar Rp400 ribu. Sementara jeriken dibatasi hanya 15 liter saja.
Untuk mengatasi, antrean dan kekosongan BBM pihak pertamina sudah membatasi pembelian solar.

Untuk truk gandeng dibatasi hingga Rp400 ribu. Sementara untuk mobil pribadi dan jeriken dibatasi hingga 15 liter. Meski begitu antrean tetap terjadi, bahkan warga rela antre hingga malam hari.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)