Kuasai Chrysler, Fiat butuh pinjaman USD10 M

Kamis, 30 Mei 2013 - 18:54 WIB
Kuasai Chrysler, Fiat butuh pinjaman USD10 M
Kuasai Chrysler, Fiat butuh pinjaman USD10 M
A A A
Sindonews.com - Fiat SpA (F) dikabarkan sedang melakukan pembicaraan pinjaman sebesar USD10 miliar dengan pihak bank untuk mengakuisisi kembali sisa saham Chrysler Group LLC.

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (30/5/2013), menurut sumber, bank-bank tersebut meliputi Bank of America Corp, Deutsche Bank AG (DBK), Goldman Sachs Group Inc (GS) dan BNP Paribas SA (BNP). Mereka membahas rencana pinjaman Fiat untuk menguasai 41,5 persen produsen mobil Amerika Serikat (AS) itu.

Chief Executive Officer (CEO) Fiat Sergio Marchionne sedang berusaha menyelesaikan pembelian pada akhir musim panas, sambil menunggu penyelesaian kasus hukum antara Fiat dan lembaga kepercayaan kesehatan, United Auto Workers AS atas nilai saham Chrysler.

Marchionne, yang menjalankan Fiat dan Chrysler, berencana menggabungkan dua produsen untuk membangun kelompok perusahaan otomotif global terbesar menantang General Motors Co (GM) dan Volkswagen AG (Vow).

Namun, Fiat terlebih dahulu harus membeli sisa saham Chrysler setelah mengumpulkan 58,5 persen saham sejak mengambil kendali perusahaan itu pada 2009 karena diambang kebangkrutan.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membeli sisa saham Chrysler dan pembiayaan utang dari kedua perusahaan dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

Namun, perwakilan Goldman Sachs (GS), Bank of America dan Fiat belum bersedia menanggapi kabar ini. Demikian pula, juru bicara untuk BNP Paribas Deutsche Bank (DBK) belum berkomentar.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5580 seconds (0.1#10.140)