China selidiki perusahaan kimia UE dan AS

Jum'at, 31 Mei 2013 - 11:44 WIB
China selidiki perusahaan...
China selidiki perusahaan kimia UE dan AS
A A A
Sindonews.com - China melakukan penyelidikan anti-dumping terhadap impor bahan kimia dari Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS), di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan raksasa ekonomi dunia.

Dilansir dari Eubusiness, Jumat (31/5/2013), Kementerian Perdagangan China mengatakan, Beijing telah mulai menyelidiki apakah perusahaan Uni Eropa dan AS menjual Perchlorethylene di bawah harga - taktik untuk memenangkan pasar dan menghilangkan pesaing - setelah keluhan dari perusahaan domestik.

Perchlorethylene, juga disebut Tetrachloroethylene, adalah cairan berwarna banyak digunakan dalam dry cleaning.

Ini adalah semacam prosedur anti-dumping kedua China terhadap industri Eropa dan AS dalam waktu kurang dari sebulan, setelah meluncurkan investigasi terhadap perusahaan yang membuat pipa unwelded.

Hubungan dagang antara China dan UE telah tegang sejak sengketa panel surya dan peralatan telekomunikasi. Negara anggota UE akan memberikan suara pada 5 Juni, apakah akan memberlakukan tarif berat 47 persen pada panel surya yang dibuat China, mitra dagang terbesar kedua Uni Eropa atau tidak.

UE juga berencana menyelidiki produsen peralatan telekomunikasi China, seperti Huawei dan ZTE. Sebelumnya, AS telah memberlakukan hukuman tarif pada beberapa pembuat panel surya China untuk mengimbangi dampak dari dugaan keuntungan kompetitif yang tidak adil.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0795 seconds (0.1#10.140)