Pengusaha kecil sulit naik kelas menengah

Senin, 03 Juni 2013 - 16:22 WIB
Pengusaha kecil sulit naik kelas menengah
Pengusaha kecil sulit naik kelas menengah
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Usaha Kecil, Menengah (UKM) dan Koperasi, Erwin Aksa menilai, saat ini pertumbuhan pengusaha menengah di Indonesia belum menggembirakan.

Menurutnya, tidak ada pertumbuhan jumlah pengusaha kecil ke usaha menengah yang signifikan. "Kalau perhatian ke usaha mikro sekarang sangat banyak, ada bermacam-macam bantuan di sana. Tapi stopnya di usaha kecil, naik ke menengah itu susah sekali," ujuarnya dalam keterangan tertulis, Senin (3/6/2013).

Karena itu, pihaknya mengaku akan fokus melakukan peningkatan kapasitas (scaling up) pengusaha kecil (small entreprise) ke menengah (medium entreprise).

Erwin mengatakan, pertumbuhan jumlah pengusaha saat ini cukup signifikan pada usaha kecil. Hal ini disebabkan, perhatian yang cukup besar pada pengembangan usaha mikro. Kemudian, pengusaha mikro ini secara masif bermetamorfosis menjadi pengusaha kecil.

"Namun, terdapat ruang lowong yakni masih lambatnya pertumbuhan dari usaha kecil ke tingkat menengah. Jangan sampai kita mentok di sini. Kita belum lihat munculnya pengusaha-pengusaha berkualitas dari kelas menengah," kata dia.

Menurutnya, sejumlah persoalan masih menghambat loncatan ke pengusaha menengah. Diantaranya, belum adanya perhatian dan keberpihakan regulator, rendahnya akses permodalan, tidak bisa kompetitif dengan pengusaha besar, rendahnya akses pasar, terhimpit oleh serbuan produk impor, dan lain sebagainya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5503 seconds (0.1#10.140)