Beijing kontrol ketat harga rumah

Selasa, 04 Juni 2013 - 14:34 WIB
Beijing kontrol ketat harga rumah
Beijing kontrol ketat harga rumah
A A A
Sindonews.com - Meroketnya harga rumah di China dalam beberapa tahun terakhir, membuat Beijing memberlakukan peraturan ketat terhadap real estate.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (4/6/2013), pengembang Sunac China Holdings Ltd dan makelar Centaline Group mengatakan, Beijing telah melakukan pembatasan harga sejak Maret dengan menahan izin presale untuk setiap proyek baru yang memasang harga jual terlalu tinggi.

Sementara Bacic & 5i5j Group, broker properti terbesar kedua di Beijing menyebutkan, pejabat lokal melakukan pengetatan lebih lanjut untuk memenuhi target menjaga harga tidak berubah dari tahun lalu.

Kegagalan pembatasan dalam membendung kenaikan harga di ibukota menyoroti perjuangan pemerintah dalam menjaga perumahan tetap terjangkau menyusul urbanisasi yang mengirimkan gelombang pekerja dari pedesaan ke kota-kota besar di China.

Harga rumah baru di Beijing tercatat naik 3,1 persen pada April dari bulan sebelumnya.
"Sebagai ibukota arah pembatasan properti di Beijing berada di bawah tekanan untuk memperketat lebih lanjut karena kenaikan harga masih memimpin," kata Luo Yu, analis dari CEBM Group, Shanghai.

Sebelumnya diberitakan, harga rata-rata rumah baru di 100 kota besar naik 6,9 persen dari tahun sebelumnya, menjadi 10.180 yuan (USD1,647) per meter persegi pada Mei 2013, dibandingkan pertumbuhan 5,34 persen pada April.

Pada basis bulanan, harga rumah naik 0,81 persen pada Mei dari April, menambahkan pertumbuhan menyempit dari satu persen pada April, karena peraturan baru pemerintah dan penjualan rumah lebih lemah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5900 seconds (0.1#10.140)