Ekonomi Jepang Q1 tumbuh lebih cepat

Senin, 10 Juni 2013 - 11:29 WIB
Ekonomi Jepang Q1 tumbuh lebih cepat
Ekonomi Jepang Q1 tumbuh lebih cepat
A A A
Sindonews.com - Ekonomi Jepang tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya pada tiga bulan pertama (Q1) tahun ini.

Kantor Kabinet Jepang mengatakan, data direvisi menunjukkan pertumbuhan tahunan sebesar 4,1 persen pada Januari-Maret 2013, naik dari pembacaan awal 3,5 persen, dan jauh di atas negara-negara industri lainnya yang masih berjuang menghidupkan kembali ekonomi.

Angka-angka datang setelah Perdana Menteri Shinzo Abe meluncurkan apa yang disebut "panah ketiga", rencana sweeping perekonomian yang mencakup pengeluaran besar pemerintah dan pelonggaran moneter agresif oleh Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ).

Sejak memenangkan pemilu pada Desember 2013, perdana menteri konservatif itu telah berjanji menghidupkan ekonomi yang lemah dengan skema berjuluk "Abenomics".

"Revisi ke atas (untuk pertumbuhan ekonomi) menegaskan, bahwa ekonomi Jepang tetap pada jalur pemulihan perusahaan," kata Hideki Matsumura, ekonom senior dari Jepang Research Institute, seperti dilansir dari AFP, Senin (10/6/2013).

Kantor Kabinet mengatakan, angka revisi untuk PDB menunjukkan ekonomi Jepang tumbuh 1,0 persen pada tiga bulan pertama tahun ini, sedikit lebih baik dari awal pembacaan pada pertumbuhan 0,9 persen.

Jepang juga membukukan surplus transaksi berjalan untuk bulan ketiga berturut-turut pada April, karena pelemahan yen mendongkrak nilai pendapatan dari investasi di luar negeri.

Surplus Jepang dua kali lipat year-on-year (yoy) menjadi 750 miliar yen (USD7,6 miliar) dalam rekening giro, ukuran terluas dari perdagangan seluruh dunia, membantu mengimbangi defisit perdagangan melebar.

Namun, tagihan impor Jepang telah melonjak di tengah krisis atom Fukushima dua tahun lalu, setelah Tokyo beralih ke energi alternatif mahal bahan bakar fosil (minyak dan gas), usai mematikan reaktor nuklir yang terkena bencana.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7374 seconds (0.1#10.140)