ICB Bumiputera angkat dewan komisaris baru

Senin, 10 Juni 2013 - 14:40 WIB
ICB Bumiputera angkat dewan komisaris baru
ICB Bumiputera angkat dewan komisaris baru
A A A
Sindonews.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank ICB Bumiputera Tbk (BABP) memutuskan untuk mengangkat jajaran dewan komisaris baru. Para jajaran baru tersebut akan menggantikan jajaran dewan komisaris lama yang seluruhnya telah berakhir masa baktinya pada RUPST kali ini.

Direktur Kepatuhan Bank ICB Bumiputera, Bambang Setiawan mengatakan, seluruh anggota komisaris yang baru diangkat pada RUPST, masih harus mengikuti fit and proper test untuk memperoleh persetujuan Bank Indonesia (BI).

"Sebab itu, seluruh anggota dewan komisaris yang lama diangkat kembali oleh RUPST dengan masa bakti sementara atau sampai dengan disetujuinya pengangkatan dewan komisaris yang baru oleh BI," ujar Bambang usai RUPST perseroan di Jakarta, Senin (10/6/2013).

Dia mengatakan, salah satu anggota Komisaris yang diangkat yaitu Chairudin Ismail sebagai Presiden Komisaris sekaligus Komisaris Independen, merupakan mantan atau purnawirawan Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) pada 2001. Anggota baru lainnya yaitu Eddy Sinulingga, pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Papua.

"Pengangkatan Chairudin Ismail sepenuhnya kewenangan pemegang saham, tentunya setelah mempertimbangkan banyak hal, yaitu pengetahuan di bidang ekonomi berdasarkan latar belakang pendidikan, yaitu magister hukum bisnis dan doktor hukum. Jadi kami menilai, pengusulan oleh komite nominasi dan remunerasi sudah tepat," papar Bambang.

RUPST juga menyetujui langkah perseroan melakukan konsolidasi di semua aspek. Di antaranya, penataan ulang portofolio pinjaman untuk mengurangi eksposur risiko yang relatif tinggi ke risiko relatif rendah.

"Dulu kami banyak fokus di korporasi, porsinya sampai lebih dari 50 persen. Tapi sekarang kami turunkan jadi 40 persen. Sisanya 60 persen merupakan ritel, termasuk di dalamnya konsumer, usaha kecil dan menengah, serta mikro," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0570 seconds (0.1#10.140)