Jateng siapkan 40 destinasi wisata

Minggu, 16 Juni 2013 - 18:17 WIB
Jateng siapkan 40 destinasi wisata
Jateng siapkan 40 destinasi wisata
A A A
Sindonews.com - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sedang menyiapkan 40 destinasi wisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Destinasi tersebut diambil dari 266 potensi wisata di sejumlah daerah di Jateng.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jateng, Prasetyo A Wibowo mengatakan, destinasi wisata yang disiapkan meliputi 80 persen wisata alam dan budaya, dan 20 persen industri kreatif.

Destinasi tersebut tersebar di berbagai daerah, diantaranya Baturaden Purwokerto-Dieng Wonosobo, Solo-Sangiran, Rembang-Blora, serta Pekalongan-Tegal.

secara spesifik terkait pengembangan wisata di Magelang, dia mengatakan akan digarap menjadi ikon utama Jateng setelah Solo. Sebab, Magelang memiliki Candi Borobudur yang menjadi andalan.

"Selain dari pemerintah, kami berharap masyarakat juga sudah menyiapkan diri," katanya, Minggu (16/6/2013).

President Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Purnomo Siswoprasetjo menambahkan, pihaknya menargetkan 250 ribu pengunjung per tahuan. Sejauh ini, peningkatan pengunjung, terutama di Candi Borobudur terjadi pada masa liburan sekolah.

Namun, dengan adanya event-event yang diselenggarakan di Candi Buddha terbesar itu, baik di tingkat lokal maupun internasional mampu mendongkrak jumlah kunjungan. "Kami harapkan ada kenaikan pengunjung 20 persen per tahun," tambahnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5465 seconds (0.1#10.140)