Jelang kenaikan BBM, harga cabai naik 100%

Jum'at, 21 Juni 2013 - 11:53 WIB
Jelang kenaikan BBM, harga cabai naik 100%
Jelang kenaikan BBM, harga cabai naik 100%
A A A
Sindonews.com - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga hari ini belum naik. Namun, harga kebutuhan pokok semakin melambung, seperti dialami di Kendal, Jawa Tengah (Jateng).

Kenaikan harga sembako ini bersamaan dengan tahun ajaran baru dan mendekati Ramadan. Kondisi ini dipastikan harga sembako semakin melonjak seiring rencana kenaikan harga BBM. Bahkan, harga cabai naik hingga 100 persen.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar di Kendal, pada Jumat (21/6/2013) pagi, kenaikan harga sembako mencapai 100 persen. Warga pun dibuat bingung karena beban yang ditanggung warga semakin berat.

Selain itu, kenaikan harga yang sudah terjadi ini dikhawatirkan akan kembali naik setelah pemerintah resmi menaikan harga BBM. Apalagi, Ramadan tinggal beberapa hari lagi, harga sembako dipastikan tidak dapat dikendalikan.

Harga cabai di kendal naik 100 persen dari Rp10 ribu per kilogram (kg), kini sudah tembus Rp22 ribu per kg. Sementara komoditi lain yang naik cukup tinggi adalah bawang merah dari Rp20 ribu per kg menjadi Rp22 ribu per kg.

Nurwati, warga setempat mengaku pasrah dengan kenaikan harga ini. Dia pun menyiasati dengan cara mengurangi pembelian. "Kenaikan harga memberatkan, karena bersama dengan tahun ajaran baru dan mendekati puasa," ujarnya.

Sementara, pedagang mengaku kenaikan harag sembako dan sayuran membuat pembeli berkurang. "Pembeli banyak yang mengeluh karena harga naik setiap hari. Selain cabai dan bawang merah, harga sayuran naik rata-rata Rp1.500 hingga Rp2 ribu," uajar Ruminah, salah satu pedagang di pasar Kendal.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7464 seconds (0.1#10.140)