Uni Eropa reformasi sistem perbankan

Jum'at, 21 Juni 2013 - 15:11 WIB
Uni Eropa reformasi sistem perbankan
Uni Eropa reformasi sistem perbankan
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan Uni Eropa (EU) menandatangani kesepakatan reformasi sektor perbankan hari ini. Langkah tersebut bertujuan membangun kesepakatan zona euro dengan menyuntikkan modal langsung ke pemberi pinjaman untuk mencegah kerusakan perekonomian lebih luas.

Kemarin, 17 menteri keuangan zona euro sepakat bagaimana dana penyelamatan mata uang tunggal (euro), Mekanisme Stabilitas Eropa, bisa membantu bank tanpa menambah beban utang yang sudah besar ke negara-negara anggota.

Dilansir dari Economic Times, Jumat (21/6/2013), Menteri Keuangan Jerman, Wolfgang Schaeuble mengatakan, kesepakatan itu menandai langkah penting menuju serikat perbankan, kerangka peraturan baru untuk bank-bank Uni Eropa yang bertujuan mencegah dampak keruntuhan sejumlah bank.

Peringatan bahwa pembicaraan pada Jumat bisa sulit, Menteri Keuangan Irlandia, Michael Noonan menyatakan, kesepakatan itu membuka jalan untuk diskusi tentang isu-isu besar dalam perjalanan terakhir menunju serikat perbankan.

"Kami telah membuat kemajuan yang signifikan dalam mempersempit dasar perbedaan, (tapi) masih ada beberapa divergensi pendapat yang signifikan," kata Noonan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5199 seconds (0.1#10.140)