Suswono: Ketahanan pangan jadi isu penting dunia

Sabtu, 22 Juni 2013 - 12:57 WIB
Suswono: Ketahanan pangan jadi isu penting dunia
Suswono: Ketahanan pangan jadi isu penting dunia
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono mengatakan, ketahanan pangan menjadi isu strategis yang menjadi perhatian setiap negara di dunia.

Menurutnya, jika tidak ditangani dari sekarang, ketahanan pangan berpotensi menjadi akar dari konflik antar bangsa ke depan. Karena itu, Suswono mengatakn, acara Policy Partnership on Food Security (PPFS) Farmers Day’s and Exhibition di Medan, Sumatera Utara mulai 22 Juni sampai 6 Juli 2013 memilih tiga isu penting ketahanan pangan.

Pertama, kata dia, pembangunan sektor pertanian dan perikanan berkelanjutan. Kedua, fasilitasi pengembangan investasi dan infrastruktur, dan ketia adalah peningkatan perdagangan dan penguatan pasar.

"Ketiga isu tersebut sangat penting dalam upaya kita memperkuat ketahanan pangan," kata Mentan dalam rilisnya, Sabtu (22/6/2013).

Dia mengemukakan, pemilihan pembangunan berkelanjutan sebagai salah satu fokus kegiatan, menunjukkan kesadaran pembangunan saat ini juga untuk generasi penerus di masa yang akan datang.

Sementara, pemilihan isu fasilitasi pengembangan investasi dan infrastruktur secara implisit mengakui, bahwa komponen penting dari upaya peningkatan produktivitas dan efisiensi itu selama ini telah terabaikan.

Sedangkan isu peningkatan perdagangan dan penguatan pasar secara implisit menunjukkan kesadaran akan pentingnya peranan perdagangan dan pasar.

"Tidak hanya dalam menstabilkan pasokan dan harga pangan, tetapi juga dalam hal distribusi hasil-hasil perdagangan dengan cara yang lebih merata, yang akan meningkatkan pendapatan petani kecil dan keluarga miskin," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7429 seconds (0.1#10.140)