Tingkatkan nilai SDA, industri butuh teknologi memadai

Senin, 24 Juni 2013 - 13:11 WIB
Tingkatkan nilai SDA,...
Tingkatkan nilai SDA, industri butuh teknologi memadai
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian, Sudirman M Rusdi mengatakan, untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya alam (SDA) dalam industri dibutuhkan teknologi yang memadai.

"Melalui teknologi, selain kesejahteraan, peradaban juga akan mampu ditingkatkan. Dengan begitu, Sumber Daya Manusia juga secara bersamaan harus dipersiapkan dan dikembangkan untuk mampu memerankan diri dalam kemajuan teknologi," kata dia dalam rilisnya, Senin (24/6/2013).

Menurutnya, dalam Focus Group Discussion (FGD) tahap pertama, telah disepakati bahwa untuk membangun industri hulu yang capital intensive, high technology, high risk dan low return dibutuhkan peran dan campur tangan pemerintah.

Di beberapa negara, kata dia, pembangunan industri hulu dipelopori oleh pemerintah (BUMN) atau kerja sama swasta dengan bagian saham mayoritas dikuasai negara.

"Pengembangan industri hulu seperti itu sangat strategis karena berdampak besar kepada industri antara dan industri hilir yang mampu memberikan lapangan kerja yang sangat besar," jelasnya.

Hanya saja, lanjut dia, untuk mencapai tahapan itu diperlukan kesamaan visi dan kemauan kuat dari seluruh stakeholder, untuk membangun dan mengembangkan industri hulu berdasarkan SDA yang dimiliki.

Karena itu, kata Sudirman, saat ini yang diperlukan adalah langkah konkret mengenai konsep dan peran serta stakeholder dalam proses pembanguan industri. Dalam hubungan itu, yang perlu dipahami lebih jauh adalah mengenai konsep dan penetapan berbagai jenis industri yang ada, seperti industri strategis, prioritas dan unggulan.

Selain itu, juga diperlukan program konkret secara kuantitatif terkait dengan jumlah dan jenis industri yang akan dikembangkan. Hal tersebut mengenai jumlah kapasitas, investasi, time frame, dan kontribusi terhadap GDP dan lain sebagainya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0683 seconds (0.1#10.140)