Standard Chartered beri pinjaman ke Bank Andara

Selasa, 25 Juni 2013 - 16:33 WIB
Standard Chartered beri pinjaman ke Bank Andara
Standard Chartered beri pinjaman ke Bank Andara
A A A
Sindonews.com - Standard Chartered Bank memberikan fasilitas kredit kepada Bank Andara sebesar Rp57 miliar, yang akan digunakan untuk mendukung pendanaan lembaga keuangan mikro (LKM) di Indonesia.

Pemberian fasilitas pinjaman dana untuk industri microfinance ini telah dimulai Standard Chartered sejak 2009, bekerja sama dengan beberapa lembaga keuangan mikro, antara lain Mitra Bisnis Keluarga Ventura dan Koperasi Mitra Dhuafa.

Tahun ini merupakan kali kedua Standard Chartered memberikan fasilitas pinjaman microfinance kepada Bank Andara. Pada tahun 2011, Standard Chartered menyalurkan pinjaman kepada Bank Andara sebesar Rp30 miliar.

“Fasilitas pinjaman microfinance yang kami berikan kepada Bank Andara merupakan salah satu contoh upaya kami memajukan pertumbuhan usaha mikro di Indonesia. Kami berharap pinjaman ini dapat menjangkau lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha mikro yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia,” kata CEO Standard Chartered Bank Indonesia, Tom Aaker dalam rilisnya, Selasa (25/6/2013).

Sementara itu, Direktur Utama Bank Andara David H. L. Yong mengatakan perjanjian fasilitas kredit ini menunjukkan dukungan dan kepercayaan kuat dari Standard Chartered Bank Indonesia kepada Bank Andara dalam penerapan penyertaan keuangan (financial inclusions) sebagai bagian dari fokus dan strategi bisnis perusahaan melalui kerja sama dengan LKM secara eksklusif.

“Kami terus mencari tambahan dana melalui jaringan dalam maupun luar negeri, termasuk lembaga, yayasan dan high networth individual. Sampai akhir tahun 2012, kami telah menyelesaikan fasilitas kredit lain dari lembaga keuangan asing dan juga memperoleh tambahan modal dari pemegang saham," ujarnya.

Bank Andara merupakan satu-satunya bank umum dengan model bisnis wholesale di Indonesia yang bekerja sama dengan LKM untuk mengentaskan kemiskinan dengan mengembangkan inovasi dan menyediakan akses keuangan bagi masyarakat miskin.

Sejak memulai operasinya pada 2009, Bank Andara telah menjadi mitra usaha bagi lebih dari 737 LKM per Desember 2012, terutama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan koperasi, yang tersebar di wilayah Jawa, Bali, Sulawesi dan Sumatera dan telah menjangkau lebih dari 1,2 juta masyarakat di seluruh Indonesia.

Saat ini, Bank Andara telah memiliki komunitas, yaitu Andara Bersama BPR (ABB) untuk BPR di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jabodetabek.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6105 seconds (0.1#10.140)