Perusahaan patungan ICBP-Asahi akuisisi produsen Pepsi

Kamis, 27 Juni 2013 - 17:02 WIB
Perusahaan patungan ICBP-Asahi akuisisi produsen Pepsi
Perusahaan patungan ICBP-Asahi akuisisi produsen Pepsi
A A A
Sindonews.com - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menyatakan bahwa perusahaan patungan perseroan dengan Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte Ltd, yakni PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB) dan PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) telah mengakuisisi seluruh saham PT Pepsi Cola Indobeverages (PCIB) senilai USD30 juta.

Adapun perjanjian jual beli tersebut diteken hari ini, Kamis (27/6/2013). AIBM dan IASB akan mengakuisisi saham PCIB masing-masing 264.113.930 dan 15.000 lemar saham, dengan penyelesaian transaksi tergantung pemenuhan kondisi yang dipersyaratkan dalam perjanjian.

Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte Ltd (Asahi) merupakan anak perusahaan Asahi Group Holdings Ltd yang berkedudukan di Singapura. Asahi merupakan perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha minuman nonalkohol di Indonesia.

Sementara itu, PCIB merupakan perusahaan patungan antara salah satu perusahaan milik Salim Group, yakni PT Gapura Usahatama dan Seven Up Nederland B.V yang merupakan perusahaan afiliasi Pepsi Co Inc (PepsiCo).

Kegiatan usaha PCIB bergerak di bidang produksi, pemasaran dan distribusi secara ekslusif produk-produk minuman nonalkohol merek PepsiCo, seperti Pepsi, 7Up dan Tropicana Twister.

Selain itu, PepsiCo juga memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan produk merek sendiri, seperti Frutamin dan Tekita. Pada akhir tahun lalu, PepsiCo mencatat penjualan bersih sebesar Rp714,4 miliar, turun tipis dibanding tahun sebelumnya senilai Rp714,8 miliar.

PCIB menegaskan, perusahaan akan tetap memproduksi dan memasarkan produk PepsiCo selama proses maupun setelah rampungnya akuisisi tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama dan Cheif Officer ICBP, Anthoni Salim mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin kerja sama yang erat dengan PepsiCo dalam jangka waktu panjang, baik dalam bisnis minuman maupun makanan ringan.

"Saya sangat senang PCIB akan dikonsolidasikan ke perusahaan patungan ICBP dan Asahi," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Dia optimistis bergabungnya ICBP, Asahi dan PepsiCo akan menjadikan perusahaan sebagai salah satu pemain utama di industri minuman nonalkohol di Indonesia, sekalgus mempercepat pertumbuhan perseroan ke depan.

Presiden dan Chief Operating Officer Asahi Group Holdings Ltd, Naoki Izumiya berharap, masuknya PCIB ke perusahaan patungan dengan ICBP akan memepercepat upaya pihaknya membangun portofolio produk yang lebih luas dan lengkap di pasar minuman nonalkohol di Indonesia.

"Dengan memanfaatkan kekuatan dari ketiga perusahaan ini, kami berharap dapat menghadirkan produk berkualitas yang dapat memenuhi selera konsumen di Indonesia dalam waktu dekat," tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7193 seconds (0.1#10.140)